Sejarah, Rangkaian Kereta, Dan Harga Tiket Kereta Bengawan Yang Perlu Anda Ketahui

Pernahkah anda mendengar kereta api Bengawan? Ya, kereta yang satu ini adalah layanan kereta api untuk kelas ekonomi yang berada di kawasan Pulau Jawa. Nah, untuk mengetahui informasi selengkapnya mengenai kereta api ini, dari mulai sejarah, rangkaian kereta hingga harga tiket kereta Bengawan, berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

Sejarah kereta

Nama kereta api Bengawan ternyata berasal dari Sungai Bengawan Solo. Nah, Sungai Bengawan Solo adalah sungai terpanjang yang ada di Pulau Jawa dan membelah kota Solo. Selain itu, sungai ini mempunyai dua hulu, yaitu di Ponogoro dan Pegunungan Sewu-Wonogiri. Kata “bengawan” ini sendiri dalam bahasa Jawa mempunyai arti “sungai besar”. Mengenai sejarah kereta Bengawan ini, ternyata awal mula pengoperasiannya tidak diketahui pasti. Dalam sejarahnya, tentunya kereta api Bengawan pernah memakai kereta penumpang Kedungbanteng yang merupakan rute dari stasiun Kedungbanteng menuju stasiun Solo Jebres.

Perlu diketahui bahwa stasiun Kedungbanteng adalah stasiun kereta kelas kecil yang berada di Kabupaten Sragen, tepatnya di Jawa Tengah. Pada tahun 2013 yang lalu, kereta Bengawan ini mulai melayani rute yang lebih panjang, jika awalnya dari stasiun Solo Jebres menuju stasiun Tanah Abang, namun perjalanannya menjadi stasiun Solo Jebres menuju stasiun Tanjung Priok. Kemudian sejak Februari 2014, pihak PT KAI pun memberangkatkan kereta api Bengawan ini dari stasiun Purwosari ke stasiun Pasar Senen. Nah, rute inilah yang merupakan rute operasional yang sudah berlaku hingga saat ini.

Rangkaian kereta

Kereta api Bengawan dalam pengoperasiannya menggunakan tiga jenis lokomotif, ketiga jenis lokomotif tersebut adalah CC201, CC203, hingga CC204. Kereta ini dalam satu rangkaiannya setidaknya membawa delapan gerbong penumpang kelas ekonomi, satu gerbong kereta makan, dan kereta pembangkit kelas ekonomi. Sekurangnya dengan total delapan gerbong penumpang untuk sekali jalan, tentunya kereta Bengawan terbilang mampu untuk mengangkut rata-rata sampai 1.484 penumpang per harinya.

Harga tiket kereta api Bengawan

Tahukah anda bahwa rute utama dari kereta api ini adalah Surakarta/Solo ke Jakarta. Dengan adanya rute ini, maka kereta Bengawan akan berangkat dari stasiun Purwosari yang ada di Solo, dan melakukan perhentian terakhirnya di stasiun Pasar Senen yang ada di Jakarta. Nah, untuk harganya sendiri, tentunya kereta api ini masih sangat terjangkau kok! Untuk lebih jelasnya, berikut kisaran harga kereta Bengawan berangkat dari Solo yang perlu anda ketahui.

  • Solo ke Cirebon, kisaran harganya Rp.74.000.
  • Solo ke Purwokerto, kisaran harganya Rp.74.000.
  • Solo ke Kutoarjo, kisaran harganya Rp.74.000.
  • Solo ke Cilacap, kisaran harganya Rp.74.000.
  • Solo ke Bekasi, kisaran harganya Rp.74.000.
  • Solo ke Yogyakarta, kisaran harganya Rp.74.000.
  • Solo ke Kebumen, kisaran harganya Rp.74.000.
  • Solo ke Jakarta, kisaran harganya Rp.74.000.
READ  Begini Cara Cek Kode Booking Tiket Kereta Api Online

Itulah kisaran harga yang perlu anda ketahui untuk anda yang ingin sekali menaiki kereta api yang satu ini. Memiliki kecepatan rata-rata 70 hingga 90 km per jam dengan total perhentiannya adalah 12 stasiun, tentunya kereta Bengawan ini membawa penumpang dengan menempuh jarak Solo menuju Jakarta sejauh 570 km dan durasi perjalanannya rata-rata adalah 9,5 jam. Nah, bagaimana apakah anda tertarik untuk menaikinya? Jika iya, maka anda bisa memesan tiketnya dengan mudah melalui online. Salah satunya di www.tiketkeretaapi.com yang menawarkan berbagai kemudahan untuk setiap pelanggannya.

Demikianlah berbagai pembahasan yang perlu anda ketahui mengenai harga tiket kereta Bengawan.